Kamis, 31 Maret 2016

Bondek | Wiremesh Mempercepat Proses Pengecoran

Bondek / Wiremesh

Bondek dan Wiremesh merupakan material perpaduan dalam pengecoran. Mungkin anda bertanya mengapa bondek dan wiremesh dapat mempercepat proses pengecoran, silakan anda baca artikel singkat di bawah ini. 

Wiremesh

Wiremesh
Wiemesh merupakan perkembangan dari material pengecoran kususnya digunakan untuk penguat pada struktur Beton Plate lantai. Bentuk Wiremesh berupa lembaran dari besi beton beukuran diameter 4mm(M4) sampai dengan 16mm(M16)  dan sudah dianyam dengan cara di las dengan jarak spasi 50 mm,100 mm, 150 mm, 200 mm,250 mm,dan 300 mm, Sehingga pemasangannya jadi lebih praktis dan lebih cepat.


Pemasangan Besi Wire mesh pada bidang pengecoran tinggal diukur sesuai luas bidang yang diperhitungkan sesuai kebutuhan dan apabila luasan masih kurang maka wiremesh tinggal ditambahkan atau diberi overlap kurang lebih 10cm sampai dengan 15 cm. Yang perlu diperhatikan dalam pembelian wiremesh adalah diameter besi harus sesuai dengan yg dibutuhkan, meski selisih 1mm, kekuatan wiremesh akan berbeda dan keadaan wiremesh yang berkarat sangat tidak disarankan, karena akan mempengaruhi kekuatan dari fungsi Wiremesh itu sendiri.
biasanya standart pengecoran menggunakan wiremesh dengan ukuran Dia besi antara Diameter 6mm sampai dengan 10 mm, tergantung kekuatan yg dibutuhkan. Salah satu alternatif lain untuk mengganti fungsi besi plat beton adalah Wiremesh. Pada dasarnya material yg digunakan pada wiremesh relatif sama dengan besi beton, namun dengan bentuk yg sudah dirangkai sedemikian rupa, wiremesh cukup Praktis bila dilihat dari sisi pemasangannya.
Beberapa Jenis besi wiremesh besrta ukurannya antara lain :
1.Jenis Lembaran, biasanya berukuran 2,1m x 5,4m dengan diameter besi berfariasi antara 4mm(M4) sampai dengan 10mm(M10).
2.Jenis Rol/Gulungan, biasanya berukuran 2,1m x 54m dengan diameter besi antara 4mm(M4) sampai dengan 7mm(M7). Cara Pemasangan Wiremesh. 

Bondek

Bondek
Bondek merupakan pengganti triplek pada pengecoran dag beton. Selain lebih simple keunggulan bondek dibandingkan dengan triplek adalah lebih efisiean karena tidak ada material yang terbuang. Selain itu jika anda menggunakan bondek sebagai pelapis dag beton, maka tiang pancang / penyangga dapat di minimalkan atau bahkan dihilangkan sama sekali. Dari segi penggunaan besi beton juga akan lebih hemat karena hanya manggunakan 1 lapis saja.
 
Standart Bondek yang sering digunakan berukuran tebal 0.75 dan lebar 1m, namun sebenarnya bondek juga memp mengpunyai bermacam ketebalan dan ukuran. 

Kesimpulan
 
Mungkin setelah membaca artikel diatas, anda para pembaca dapat membayangkan fungsi kedua material tersebut (Bondek dan Wiremesh), sesungguhnya Inti dari kegunaan Bondek dan wiremesh adalah mengurangi bahkan menghilangkan cara konvesional dari mulai menganyam besi beton dan memasang bekisting sehingga menghemat waktu dan biaya dalam pengecoran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer